Komunikasi adalah dasar kita untuk berinteraksi
dengan orang lain, sebagai makhluk sosial, setiap waktu dan setiap
kesempatan, kita akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dimanapun
kita berada, dilingkungan sosial apapun, lingkungan perusahaan swasta
maupun pemerintahan, berkomunikasi dengan orang lain sangatlah penting.
Komunikasi antar manusia bukan hanya sekedar
bicara/sekedar menulis/sekedar saling menyapa, komunikasi adalah tentang
bagaimana kita memahami orang lain seutuhnya, sehingga kita saling
mengerti apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan orang lain. Kemudian
bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bersama.
Orang-orang kebanyakan [saya mungkin termasuk
didalamnya] cenderung menjadikan komunikasi sebagai alat semata, tanpa
berusaha melihat dan memahami orang lain secara lebih utuh, sehingga
seringkali terjadi ketidak sesuaian antara fakta dan apa yang
diinginkan/diucapkan, penyebabnya adalah karena komunikasi yang tidak
efektif, sehingga masing-masing berjalan tanpa arah, tanpa tujuan.
Apalagi jika kita berada dalam organisasi
yang berisi bermacam-macam individu dengan karakter yang berbeda-beda.
Ditambah dengan tingkat pendidikan dan pemahaman yang juga berbeda,
niscaya kemampuan komunikasi menjadi salah satu senjata kita untuk bisa
berhasil dan bekerja sama dengan orang lain.
Komunikasi yang baik dan efektif bisa
terjalin jika kedua belah pihak bisa saling mengerti kelemahan dan
mengakui kekurangan orang lain, dan menghargai kelebihan orang lain.
Dengan demikian segala macam ego pribadi bisa dihilangkan, segala
hambatan bisa diatasi, yang ada hanyalah keinginan untuk memahami orang
lain seutuhnya, tanpa ada pamrih yang lain.
Setelah memahami orang lain, akan terbangun
rasa saling percaya antar individu dalam satu lingkungan organisasi.
Imbasnya adalah kerjasama yang baik bisa terjalin, segala hambatan
teratasi, karena setiap individu memiliki semangat yang sama, semangat
untuk membangun dan membantu orang lain.
Dengan komunikasi yang baik dan efektif,
hubungan antar individu akan berkembang menjadi hubungan yang saling
menguntungkan, bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain.
Mulai dari sekarang, cobalah mengerti
kelemahan orang lain, cobalah mengakui kelebihan orang lain, jadikan itu
dasar kita berkomunikasi dengan orang lain.
ya bagus
BalasHapus