Senin, 02 Juli 2012

KOMUNIKASI YANG BAIK

Komunikasi adalah dasar kita untuk berinteraksi dengan orang lain, sebagai makhluk sosial, setiap waktu dan setiap kesempatan, kita akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dimanapun kita berada, dilingkungan sosial apapun, lingkungan perusahaan swasta maupun pemerintahan, berkomunikasi dengan orang lain sangatlah penting.
Komunikasi antar manusia bukan hanya sekedar bicara/sekedar menulis/sekedar saling menyapa, komunikasi adalah tentang bagaimana kita memahami orang lain seutuhnya, sehingga kita saling mengerti apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan orang lain. Kemudian bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bersama.
Orang-orang kebanyakan [saya mungkin termasuk didalamnya] cenderung menjadikan komunikasi sebagai alat semata, tanpa berusaha melihat dan memahami orang lain secara lebih utuh, sehingga seringkali terjadi ketidak sesuaian antara fakta dan apa yang diinginkan/diucapkan, penyebabnya adalah karena komunikasi yang tidak efektif, sehingga masing-masing berjalan tanpa arah, tanpa tujuan.
Apalagi jika kita berada dalam organisasi yang berisi bermacam-macam individu dengan karakter yang berbeda-beda. Ditambah dengan tingkat pendidikan dan pemahaman yang juga berbeda, niscaya kemampuan komunikasi menjadi salah satu senjata kita untuk bisa berhasil dan bekerja sama dengan orang lain.
Komunikasi yang baik dan efektif bisa terjalin jika kedua belah pihak bisa saling mengerti kelemahan dan mengakui kekurangan orang lain, dan menghargai kelebihan orang lain. Dengan demikian segala macam ego pribadi bisa dihilangkan, segala hambatan bisa diatasi, yang ada hanyalah keinginan untuk memahami orang lain seutuhnya, tanpa ada pamrih yang lain.
Setelah memahami orang lain, akan terbangun rasa saling percaya antar individu dalam satu lingkungan organisasi. Imbasnya adalah kerjasama yang baik bisa terjalin, segala hambatan teratasi, karena setiap individu memiliki semangat yang sama, semangat untuk membangun dan membantu orang lain.
Dengan komunikasi yang baik dan efektif, hubungan antar individu akan berkembang menjadi hubungan yang saling menguntungkan, bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain.
Mulai dari sekarang, cobalah mengerti kelemahan orang lain, cobalah mengakui kelebihan orang lain, jadikan itu dasar kita berkomunikasi dengan orang lain.

1 komentar: